Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Solok dan Kejari Solok Perkuat Sinergitas

Bawaslu Kota Solok dan Kejari Solok Perkuat Sinergitas

Solok, - Jajaran Bawaslu Kota Solok beraudiensi dengan jajaran Kejaksaan Negeri (Kejari) Solok, Senin (18/9/2023). Audiensi ini bertujuan untuk memperkuat sinergisitas dan koordinasi dalam meningkatkan kinerja dalam pengawasan kepemiluan di Kota Solok. Pada kesempatan itu hadir Ketua Bawaslu Kota Solok Rafiqul Amin, S.Pd.I., M.Pd, didampingi Kordiv Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas: Ilham Eka Putra, SE,. MM dan Kordiv Penanganan Pelanggaran Dan Penyelesaian Sengketa: Eka Rianto, M.Pd, bersama Koordinator Sekretariat Bawaslu Kota Solok Agustin Melta, S.Sos, M.M dan jajaran.

Sedangkan dari pihak Kejari Solok langsung dihadiri Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Solok Andi Mertawijaya, SH, MH., didampingi Kasi Tindak Pidum Edo Dede Pisano turut didampingi Kasi Intelijen Rova Yofirsta dan jajaran jaksa yang tergabung dalam Sentra Gakkumdu.

Rafiqul Amin menyampaikan saat ini Bawaslu memiliki konsep awasi, cegah, dan tindak. Hal ini sebagai upaya menciptakan pelaksanaan pemilu yang baik. Pengawasan didahulukan agar bisa dilakukan pencegahan. Dengan begitu, diharapkan tidak banyak persoalan hukum yang dihadapi masyarakat.  “Karena sudah kita awasi, lalu kita lakukan pencegahan. Maka diharapkan tak ada masyarakat atau kelompok masyarakat maupun peserta pemilu yang mendapatkan penindakan,” kata anggota Bawaslu Kota Solok dua periode ini. 

Kajari Solok Andi Mertawijaya, SH, MH., menyampaikan hal ini sejalan dengan apa yang dilakukan jajaran Kejari Solok. Dia tidak ingin ada persoalan apalagi yang berkaitan dengan hokum yang menimpa masyarakat dalam pesta demokrasi ini.
Dirinya sebagai pimpinan membuka ruang khususnya pada Bawaslu Kota Solok untuk melakukan pertemuan atau diskusi. Dia meyakini dengan adanya koordinasi dan komunikasi yang baik, akan membuat kerja-kerja pengawasan akan semakin mudah. 
“Kami siap bersinergi dengan Bawaslu. Diskusi-diskusi bisa dilakukan di kantor. Ruangan ada kita buatkan yakni Posko Pemilu,” katanya. (er)