Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Solok Raih Penghargaan Terbaik 5 se-Sumatera Barat

Pemberian Penghargaan Terbaik 5 Video PSPP

Pemberian Penghargaan Terbaik 5 Video PSPP

Padang - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Solok berhasil meraih peringkat 5 dalam Apresiasi Video Simulasi Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu se-Provinsi Sumatera Barat yang digelar di ZHM Premiere Hotel Padang, Senin (11/12).

Kegiatan dihadiri langsung oleh Ketua Bawaslu Sumbar, Alni, Anggota Bawaslu Sumbar, Muhammad Khadafi, Benny Aziz, Febrian Bartez, Vifner, dan Kepala Sekretariat Bawaslu Sumbar, Karnalis Kamaruddin. Bawaslu Kota Solok hadir diwakilkan oleh Ketua, Rafiqul Amin, Anggota, Ilham Eka Putra, Kepala Sekretariat, Agustin Melta, dan staf Divisi Penanganan Penyelenggaran dan Penyelesaian Sengketa serta staf pengelola kehumasan.

Dalam pembukaan, Alni memberikan apresiasi atas keikutsertaan seluruh Bawaslu Kabupaten / Kota se-Sumatera Barat dan Panwaslu Kecamatan dari hasil seleksi masing-masing Kabupaten/Kota. "Menghadapi pelaksanaan tahapan Pemilihan Umum Tahun 2024, Bawaslu sebagai penanggung jawab pelaksanaan tugas pengawasan Pemilu merasa perlu meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai penyelesaian sengketa proses Pemilu pada jajaran pengawas Pemilu. Kebutuhan itu kemudian dipenuhi dengan pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang sifatnya koordinasi ataupun sosialiasi teknis penyelesaian sengketa proses Pemilu. Untuk itu, sesuai arahan Bawaslu RI kita adakan kompetisi video simulasi penyelesaian sengketa proses Pemilu", ujar Alni.

Kegiatan ini mengacu kepada Surat Edaran Nomor 46 Tahun 2023 Tentang Pembuatan dan Apresiasi Video Simulasi Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu. Sesuai surat edaran tersebut, video simulasi penyelesaian sengketa proses Pemilu yang dikompetisikan antara lain video sengketa antara peserta dengan penyelenggara Pemilu yang diikuti oleh Bawaslu Kabupaten/Kota se-Indonesia dan sengketa antarpeserta Pemilu yang diikutii oleh Panwascam se-Indonesia.

Ketua Bawaslu Kota Solok, Rafiqul Amin menyatakan apresiasi atas kinerja seluruh jajaran Bawaslu Kota Solok yang telah bekerjakeras dalam pembuatan video simulasi tersebut.

Sebelumnya, Bawaslu Kota Solok sudah melakukan seleksi untuk video ditingkat panwascam se-Kota Solok. Video dari Panwascam Lubuk Sikarah terpilih untuk ikut berkompetisi dengan Panwascam lainnya se-Sumatera Barat dan berhasil masuk ke dalam nominasi.

"Kita usahakan yang terbaik bersama jajaran staf Bawaslu Kota Solok dan Panwascam se-Kota Solok, dan alhamdulillah Bawaslu Kota Solok berhasil membawa pulang penghargaan terbaik 5 dari 19 Kabupaten/Kota yang ikut berpartisipasi dalam pembuatan video penyelesaian sengketa." Ujar Rafiqul.

Meski hanya masuk nominasi, Koordiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Eka Rianto turut menyampaikan ucapan terimakasih kepada jajaran panwascam se-Kota Solok. "Terimakasih kepada jajaran di panwascam. Semua video bagus bagus. Para dewan juri sulit menentukan mana terbaik karena kedua video mengambarkan pemahaman sahabat pengawas dalam penanganan sengketa. Pada prinsipnya, video yang dibuat layak mendapatkan apresiasi."

Penulis : Meisarah M

Editor : Eka Rianto