Lompat ke isi utama

Berita

Kehumasan adalah Jendela Rumahnya Bawaslu; Hengki Pramono

Kehumasan adalah Jendela Rumahnya Bawaslu; Hengki Pramono

Solok || Badan Pengawas Pemilihan Umum Kota Solok || " Kehumasan adalah jendela rumahnya Bawaslu, oleh sebabnya humas harus bisa memberikan informasi yang up to date terkait kegiatan/kinerja lembaga serta harus ditampilkan menarik" Ucap Hengki Paramono Kabag Humas Bawaslu RI, Kamis/25/6/2020. Pernyataan tersebut disampaikannya saat membuka kegiatan Rapat Daring Optimalisasi Peran dan Fungsi Kehumasan Bawaslu Tahun 2020 bersama Koordinator Divisi Humas Bawaslu Provinsi dan Kab/Kota se-Sumatera Barat, termasuk Kordiv Humas Bawaslu Kota Solok Budi santosa, MP melalui zoom meeting, pada Kamis, 25 Juni 2020.

Sementara itu Sulastio selaku Tenaga Ahli kehumasan Bawaslu RI yang juga sebagai pemateri pada kegiatan ini menyebutkan bahwa humas adalah seperti telinga dan mulutnya Bawaslu. Dimana Humas memiliki peranan penting dalam mendengarkan masukan/pendapat dari luar lembaga serta juga menyampaikan informasi untuk diketahui oleh publik/masyarakat. " jika kita analogikan Bawaslu ini merupakan sebatang tubuh, maka humas adalah telinga dan mulutnya Bawaslu itu sendiri" Ucapnya.

Lebih lanjut dalam materinya Sulastio menjelaskan terkait target Humas Bawaslu Tahun 2020 yaitu membangun humas Bawaslu yang respontif, akses dan informatif. Dimana menurutnya Humas Bawaslu diharapkan mampu menyerap aspirasi masyarakat, melayani informasi dan membangun kepercayaan masyarakat terhadap Bawaslu. untuk mencapai itu maka ada 4 hal yang bisa dilakukan yaitu, pertama Humas yang berevolusi, dimana humas dituntut lebih aktif dalam menyajikan informasi yang bermanfaat bagi publik. Kedua Humas yang mampu menjual brand, dimana humas harus mampu menjelaskan kepada publik tentang Bawaslu dan apa yang dihasilkan.

Ketiga, dengan cara menggandeng Influencer, dengan cara memaksimalkan penggunaan platform Bawaslu sebagai media informasi publik. Keempat dengan cara memanfaatkan kelebihan teknologi informasi, karena menurutnya humas harus bisa menguasai teknologi dalam menyajikan informasi yang menarik bagi publik.

Keempat strategi tersebutlah yang akan menjadikan target Humas Bawaslu Tahun 2020 tercapai dan dia berharap dengan kapasitas sumberdaya yang dimiliki saat ini Bawaslu RI, Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kab/Kota dapat menjalankan tugas-tugas kehumasan dengan baik dan mendukung pencapaian target tersebut.

Diakhir kegiatan Kasubag Humas Bawaslu RI Ali Imron berpesan bahwa Kehumasan adalah ruang publik, dan siapa yang banyak mengisi ruang publik akan dapat menguasai publik, serta akan banyak memenangkan agenda-agenda publik " Tutupnya.

Penulis : Didipalimo