Lompat ke isi utama

Berita

Sukseskan Pemilu 2024, Bawaslu Kota Solok Lakukan Audiensi Bersama Sekda & BKPSDM Kota Solok

Sukseskan Pemilu 2024, Bawaslu Kota Solok Lakukan Audiensi Bersama Sekda & BKPSDM Kota Solok

Solok,- Menuju Pemilu 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Solok mengadakan audiensi dan koordinasi dengan perangkat daerah khususnya Sekretaris Daerah (Sekda) dan Badan Kepegawaian & Pengembangan SDM Kota Solok pada Rabu, (20/09). 

Ketua Bawaslu, Rafiqul Amin, S.Pd.I., M.Pd menegaskan bahwa perlu adanya dukungan khususnya dari perangkat daerah dalam mensukseskan pemilu 2024 nanti. 

"Kedepan upaya yang kita lakukan sebagai Bawaslu adalah awasi, cegah, tindak dalam pengawasan penyelenggaraan Pemilu, maksudnya adalah kita lebih mengedepankan upaya pencegahan saat melakukan pengawasan untuk menekan terjadinya pelanggaran dan potensi sengketa," imbuhnya.

Bersama dengan itu, Sekda Kota Solok, Drs. H.Syaiful Rustam, M.Si turut memberikan dukungan dan masukan agar tindak pencegahan perlu lebih dioptimalkan, sehingga bentuk pelanggaran dapat dicegah atau diminimalisir. 

"Saya mendukung atas upaya-upaya pencegahan yang dilakukan oleh Bawaslu nantinya dan ini harus jalan sebagai bentuk pengawasan kita bersama," ujarnya. 

Komisioner Bawaslu Kota Solok Koordiv Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, Ilham Eka Putra, S.E., M.M. menambah sejumlah pengawasan yang telah dilaksanakan salah satunya dengan menggelar kampung pengawasan partisipatif. 

"Kita juga akan meningkatkan kampung pengawasan dan mengedepankan sosialisasi kepada masyarakat tentang kepemiluan, di sisi lain kami juga berharap dukungan dari pemerintah khususnya dalam mendukung netralitas ASN," tambahnya. 

Sejalan dengan sosialisasi netralitas ASN, Bawaslu Kota Solok mendapat dukungan dari Kepala BKPSDM Kota Solok. Dukungan tersebut nantinya turut disampaikan dalam bentuk sosialisasi dan himbauan kepada para ASN pemerintah Kota Solok untuk bersikap netral selama pemilu.