Lompat ke isi utama

Berita

236 PTPS Terpilih Segera Dilantik

Komisioner Bawaslu Kota Solok melakukan monitoring dan evaluasi proses seleksi PTPS

Komisioner Bawaslu Kota Solok melakukan monitoring dan evaluasi proses seleksi PTPS 

Sebanyak 236 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) terpilih akan segera dilantik oleh Panwaslu Kecamatan se Kota Solok. Pengumuman tersebut telah disampaikan oleh sekretariat Panwaslu Kecamatan mulai tanggal 19-21 Januari 2024. 

Ketua Bawaslu Kota Solok, Rafiqul Amin menjelaskan, PTPS terpilih akan dilantik pada tanggal 22 Januari 2024. Rafiqul menegaskan, bahwa PTPS tersebut telah mengikuti serangkaian proses seleksi yang dilakukan secara ketat oleh Panwaslu Kecamatan. 

“Calon PTPS yang dinyatakan lulus tersebut telah melewati proses seleksi administrasi, wawancara, hingga tanggapan atau masukan masyarakat,” ujarnya.

Proses seleksi ini mengacu pada Keputusan Ketua Bawaslu Nomor 28/HK.01/K1/01/2024 tentang Perubahan Keputusan Ketua Bawaslu Nomor 504/KP.01/K1/12/2023 tentang Petunjuk Teknis Pembentukan dan Pergantian Antar Waktu PTPS dalam Pemilu 2024.

Dalam proses seleksi, Bawaslu Provinsi Sumatera Barat dan Bawaslu Kota Solok beserta jajaran turun melakukan supervisi dan monitoring sebagai upaya pengawasan agar proses seleksi yang dilakukan oleh Panwaslu Kecamatan sejalan dengan juknis yang telah ditetapkan.

Pada tanggal 22 Januari 2024 mendatang, pelantikan PTPS akan dilakukan secara serentak oleh masing-masing Panwaslu Kecamatan. Paska Pelantikan, PTPS akan langsung mendapatkan bimbingan teknis berkaitan dengan tugas dan wewenang dalam pengawasan. 

Rafiqul berharap, PTPS dapat memahami prosedur pengawasan pemilu dan mampu membuat laporan pengawasan dalam bentuk Form A dan Form C serta memahami pengisian aplikasi SIWASLU. Kedepannya, PTPS akan membantu Panwaslu Kelurahan/Desa dalam melakukan pengawasan di TPS baik pada tahapan sebelum, sedang, hingga tahap akhir pemungutan suara.

Sebanyak 236 PTPS yang lulus akan ditugaskan untuk 236 TPS yang tersebar se-Kota Solok. 

Penulis : Meisarah Marsa

Foto : Dicky P

Editor : Eka Rianto

Tag
PTPS